Rabu, 07 Januari 2009

Pengantar Sosiologi

SEJARAH LAHIRNYA SOSIOLOGI Lahirnya sosiologi sangat berkaitan erat dengan terjadinya perubahan social masyarakat Eropa Barat ( Revolusi Sosial di Perancis dan Revolusi Industri di Inggris ), dimana pada awalnya kedua revolusi ini diharapkan mampu membawa kehidupan yang modern dan meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Namun kenyataannya revolusi ini menyebabkan timbulnya berbagai masalah-masalah social di dalam masyarakat. Hal inilah yang mendorong ahli-ahli filsafat untuk mempelajari masyarakat secara utuh dan menyadari akan perlunya mempelajari gejala-gejala, kondisi dan perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat. Pada dasarnya semua ilmu pengetahuan yang dikenal pada masa sekarang ini merupakan bagian dari Filsafat yang dianggap sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan. Pada awalnya disiplin ilmu Sosiologi merupakan bagian dari Filsafat Sosial dimana konsep-konsepnya masi merupakan bagian dari filsat social itu sendiri. Sosiologi sebagai suatu disiplin ilmu baru mendapatkan pengakuan setelah seorang Ahli Filsafat berkebangsaan Perancis bernama Auguste Comte menulis beberapa buku yang berisikan pendekatan-pendekatan dan konsep-konsep umum untuk mempelajari Masyarakat dan memperkenalkan istilah SOSIOLOGI pertama kali dalam bukunya yang berjudul COURSE DE PHILOSOPHIE POSITIVE ( Filsafat Positif ) pada Tahun 1842.
Pada awalnya COMTE menyebutkan bahwa Sosiologi berasal dari kata Latin SOCIUS yang berarti KAWAN dan kata Yunani LOGOS yang berarti KATA atau BERBICARA jadi menurut Auguste Comte Sosiologi berarti “BERBICARA MENGENAI MASYARAKAT”.
Dalam bukunya AUGUSTE COMTE mendefenisikan sosiologi sebagai suatu disiplin ilmu yang bersifat positif yang mempelajari gejala-gejala dalam masyarakat yang didasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional dan ilmiah. COMTE membegai sosiologi kedalam dua bagian, yaitu :
1. Sosiologi Statis / Statika Sosial : yang mengkaji semua unsure tata tertib dan norma yang melandasi kehidupan suatu masyarakat dengan tujuan untuk menciptakan stabilitas social.
2. Sosiologi Dinamis / Dinamika Sosial : yang mengkaji perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat, termasuk perubahan cara berfikir dan perubahan ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar