Rabu, 07 Januari 2009

SOSIOLOGI SEBAGAI SUATU METODE

Sebagai suatu metode, Sosiologi menggunakan cara-cara yang ilmiah dalam mempelajari gejala-gejala social, fenomena-fenomena social, aspek-aspek yang terjadi di masyarakat. Jadi sosiologi sebagai suatu metode sangat berhubungan erat dengan PENELITIAN. Secara garis besar metode-metode penelitian yang digunakan di dalam disiplim ilmu sosiologi menurut Soerjono Soekanto adalah :
1.Metode Kualitatif adalah Cara yang digunakan dalam memahami gejala-gejala social dan fenomena-fenomena social dengan memberikan pemaknaan atau penilaian terhadap data yang diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan.
Umumnya Penggunaan metode kualitatif dilakukan apabila data yang diperoleh dari hasil penelitiantidak dapat dijabarkan atau diukur dengan menggunakan angka-angka yang bersifat eksak. Secara garis besar ada beberapa pendekatan yang digunakan dalam Metode kualitatif, Yaitu :
1)Pendekatan Historis Yaitu Pendekatan penelitian yang menganalisis peristiwa-peristiwa, gejala-gejala, fenomena-fenomena yang terjadi dimasa lalu untuk merumuskan atau menghasilkan prinsip-prinsip umum dari peristiwa-peristiwa, gejala-gejala, fenomena-fenomena tersebut.
2)Pendekatan Komparatif Yaitu, Pendekatan yang digunakan dengan cara membandingkan peristiwa-peristiwa, gejala-gejala, fenomena-fenomena yang terdapat diantara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain.
3) Pendekatan Studi Kasus Yaitu, Cara penelitian yang memusatkan perhatian pada peristiwa-peristiwa, gejala-gejala, fenomena-fenomena tertentu yang terjadi dalam masyarakat, kelompok-kelompok social maupun individu. Pendekatan terhadap suatu kasus tertentu umumnya dilakukan secara intensif, mendalam, mendetail dan komprehensif (secara menyeluruh).

2. Metode Kuantitatif adalah Cara yang digunakan dalam memahami peristiwa-peristiwa, gejala-gejala, fenomena-fenomena dimana data yang diperoleh dari hasil penelitianya didasarkan pada angka-angka.
atau dengan kata lain penelitian yang menggunakan keterangan-keterangan dengan angka-angka sehingga peristiwa-peristiwa, gejala-gejala, fenomena-fenomena dapat diukur dan dianalisa. Secara umum metode kuantitatif menggunakan pendekatan :
Pendekatan Statistik Yaitu, Pendekatan yang menggunakan kumpulan datanya berupa angka-angka yang disajikan dalam bentuk distibusi frekuensi, diagram untuk menggambarkan suatu peristiwa-peristiwa, gejala-gejala, fenomena-fenomena tertentu dan dianalisis dengan menggunakan formula atau rumus tertentu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar